Selasa, 14 November 2023

10 Khasiat Tomat untuk Kesehatan Kulit

Tomat ialah buah kecil banyak mengandung nutrisi yang banyak memiliki faedah untuk beragam permasalahan kulit, dari mengusung sel-sel kulit mati sampai menghambat kanker. Mencuplik Verywell Bugar, satu tomat kecil 91 gr sediakan: Kalori: 16 Protein: 0,8 gr Karbohidrat: 3,5 gr Lemak: 0,2 gr Serat: 1,1 gr Gula: 2,4 gr Vitamin C: 12,5 mg Vitamin K: 7,2 mcg Natrium: 5mg Simak juga: Bukti Gizi Tomat, Sumber Likopen yang Baik Karbohidrat: tomat dipandang seperti makanan index glikemik rendah. Lemak: seperti umumnya buah dan sayur, tomat memiliki kandungan sedikit lemak. Protein: cuma ada kurang dari 1 gr protein dalam tomat kecil yang fresh. Mineral dan vitamin: tomat ialah sumber kalium dan vitamin C. Sejumlah bentuk vitamin A yang juga berguna ada pada tomat, seperti lutein, zeaxanthin, dan lycopene. Kalori: satu tomat kecil (91 gr) sediakan 16 kalori, 73 % salah satunya asal dari karbohidrat, 18 % dari protein, dan 9 % dari lemak. Tomat bisa dipakai kapan pun untuk memperoleh faedah yang menyehatan kulit. Tetapi, kamu harus memakainya 3x satu minggu untuk memperoleh hasil terbaik. Mencuplik Healthline, kandungan karakter anti-oksidan dan vitamin C dalam tomat yang beberapa memberi faedah untuk kesehatan kulit. Faedah tomat untuk kesehatan kulit didapatkan bukan hanya dengan mengkonsumsinya, tapi juga memoleskannya. 

Simak juga: 8 Faedah Tomat untuk Kesehatan Badan 1. Menolong mengusung sel-sel kulit mati Mencuplik Healthline, sebagian orang mengeklaim jika enzim dalam tomat bisa memberi faedah kelupasan kulit saat dibalurkan ke kulit. Untuk membikin scrub tomat, dapat campur gula dan tomat yang telah dilumatkan. Selanjutnya, scrub tomat itu bisa digosok-gosokkan ke badan, tapi dianjurkan untuk menghindar dari tempat muka. Kristal gula yang dibeli ke toko terlampau bergerigi dan bisa mengakibatkan cedera di kulit muka, lebih tipis dari di kulit di anggota badan yang lain. Mencuplik Femina.in, untuk mengimplementasikan tomat sebagai exfoliator yang menolong mengusung sel-sel kulit mati bisa cukup dengan memoleskan tomat yang dilumatkan (bubur tomat) ke muka. Sesudah beberapa saat dapat basuh sama air bersih. 

2. Menghambat jerawat Jerawat ialah keadaan yang umum dirasakan orang beragam barisan usia. Mencuplik Femina.in, umumnya disebabkan karena bakteri atau kotoran yang terjebak pada kulit atau minyak yang melekat di pori-pori. Hal tersebut mengakibatkan kulit muka banyak berjerawat, lebih-lebih lagi bila kamu termasuk type orang yang menyukai menekan jerawat, dapat mengakibatkan kulit makin memiliki masalah. Tomat memiliki kandungan vitamin A, C, dan K, dan mempunyai karakter asam yang menolong jaga tingkat pH yang pas untuk kesehatan kulit dan mempunyai karakter untuk bersihkan dengan dalam. Memakai tomat mungkin tidaklah cukup untuk mengobati akar pemicu jerawat apabila sudah dalam, tapi tomat bisa menolong meminimalisirnya dan menghambat kulit berjerawat. Tomat dapat dipakai sebagai masker untuk menghambat jerawat. Simak juga: Langkah Hilangkan Mata Panda dengan Tomat 

3. Kurangi dampak negatif kebakar cahaya matahari Mencuplik Healthline, tomat bukan alternatif tirai surya, tapi likopen dalam buah ini mempunyai dampak foto-protektif. Makan tomat mempunyai potensi tawarkan sejumlah pelindungan dari eritema atau sengatan matahari yang diinduksi cahaya UV. Sebuah study dari 2006 temukan jika sesudah 10-12 minggu menelan likopen atau produk tomat yang kaya likopen, orang memperlihatkan pengurangan sensitivitas pada radiasi UV. Tidak terang apa pribadi dapat memperoleh faedah tomat yang sama dengan memoleskan dengan tropis ke kulit. Walaupun tomat bisa kurangi dampak negatif kerusakan karena cahaya matahari, masih tetap disarankan selalu memakai tirai surya dengan SPF 30 ataupun lebih tinggi membuat perlindungan kesehatan kulit dari sengatan matahari dan kanker kulit. 

Mencuplik Femina.in, dianjurkan untuk memakai tomat sebagai perlindungan dari cahaya matahari triknya dengan menambahkan 2 sdm yogurt tawar dengan 1/2 tomat yang dilumatkan. Selanjutnya poleskan kombinasi itu ke muka dan biarkan sepanjang 15-20 menit saat sebelum dibasuh air bersih. 4. Tingkatkan pengobatan cedera Mencuplik Healthline, database gizi Departemen Pertanian AS menulis 1 cangkir (200 g) tomat memiliki kandungan sekitaran 30 gr vitamin C. Vitamin C bisa menggerakkan perkembangan jaringan ikat baru, yang bisa menolong membenahi cedera dan percepat proses pengobatan. Karena itu, vitamin C banyak diketemukan dalam beragam produk perawatan kesehatan kulit. Akankah memoleskan juice tomat ke kulit memberikan faedah yang masih sama? Itu belumlah jelas. Riset selanjutnya dibutuhkan untuk menyaksikan adakah jalinan di antara memoleskan juice dari makanan banyak vitamin C langsung ke kulit kita. Simak juga: 5 Faedah Masker Tomat, Tangani Jerawat sampai Angkat Sel Kulit Mati 5. Menentramkan infeksi kulit Mencuplik Healthline, sejumlah senyawa dalam tomat mempunyai dampak anti-inflamasi, mencakup: Likopen Beta karoten Lutein Vitamin E Vitamin C Saat dibalurkan ke kulit, senyawa ini bisa menolong memudahkan merasa sakit karena iritasi kulit atau kebakar cahaya matahari. Tetapi, tidak ada riset mengenai apa tomat bisa menolong infeksi saat dibalurkan ke kulit. Mencuplik Femina.in, direferensikan untuk menambahkan juice ketimun dengan tomat yang sudah dilumatkan. 

Selanjutnya, terapkan ke muka sebagai masker dan biarkan sepanjang beberapa saat untuk mendinginkan kulit yang meradang. 6. Menggairahkan produksi collagen Mencuplik Healthline, vitamin C dalam tomat bisa menolong menggairahkan produksi collagen. Diaplikasikan secara tropis, collagen bisa menolong tingkatkan fleksibilitas kulit dan bisa membuat kulit lebih kuat. Tetapi, belum terdapat bukti ilmiah yang memperlihatkan jika memoleskan tomat ke kulit bisa hasilkan faedah itu. Simak juga: Faedah dan Dampak negatif Kesehatan Konsumsi Juice Tomat 7. Menghambat penuaan awal Mencuplik Healthline, vitamin B penting untuk kesehatan kulit. Tomat memiliki kandungan vitamin: B-1 B-3 B-5 B-6 B-9 Macam vitamin B ini mempunyai karakter anti-penuaan yang bisa menolong kurangi bercak-bercak penuaan, garis-garis lembut, dan keriput. 

Vitamin B berperan pada pembaruan sel. Mereka bisa kurangi hiperpigmentasi dan kerusakan karena cahaya matahari. Makan tomat bisa menolong badan memperoleh semakin banyak vitamin B, yang mempunyai potensi berguna untuk menghambat penuaan awal di kulit. Tetapi, belum terdapat bukti jika memoleskan tomat secara tropis bisa tawarkan faedah yang masih sama. Mencuplik Femina.in, ramuan yang direferensikan untuk menghambat penuaan awal langkah menambah tomat yang dilumatkan madu dan dibalurkan ke muka. Biarkan muka sepanjang 15 menis saat sebelum dibasuh air bersih. 8. Menolong menantang kerusakan sel Mencuplik Healthline, radikal bebas dapat menghancurkan sel pada kulit kita. 

Hal tersebut bisa tingkatkan dampak negatif kerutan dan pertanda penuaan di kulit kita. Tomat memiliki kandungan anti-oksidan, seperti likopen dan vitamin C. Konsumsi tomat bisa menolong memberi badan anti-oksidan. Itu akan menolong menantang radikal bebas. Kita bisa coba memoleskan tomat ke muka sebagai masker, walaupun tidak terdapat bukti jika program tropis tomat memberi faedah anti-oksidan di kulit. Simak juga: Apakah benar Makan Tomat Dapat Hindari Penyakit Kanker? 9. Lembabkan kulit Mencuplik Healthline, kulit kering yang tidak diobati bisa mengakibatkan gatal, pecah, dan terkelupas. 

Menurut penyembuhan tradisionil, sebagian orang mengeklaim jika memoleskan tomat yang dilumatkan ke kulit kering bisa menolong lembabkan. Tomat ialah sumber kalium yang baik sekali. Berdasar penelitian, pengurangan kandungan kalium bisa mengakibatkan kulit kering ke orang dengan dermatitis atopik, semacam eksim. Tetapi, belum terdapat bukti ilmiah yang memperlihatkan jika juice tomat bisa dipakai dengan tropis untuk memberi faedah yang masih sama seperti pelembab tradisionil. 10. Menolong menjaga dari kanker kulit Mencuplik Healthline, tomat memiliki kandungan likopen, karotenoid yang diketemukan dalam beragam tipe buah-buahan. Senyawa alami ini memberikan tomat warna merah. 

Menurut periset likopen mempunyai dampak antikanker yang kuat. Satu study pada tikus sehat yang tidak dengan bulu dikasih makan jeruk keprok atau bubuk tomat merah sepanjang 35 minggu. Mereka selanjutnya diuraikan cahaya UVB 3x satu minggu. Ada pula barisan kontrol konsumsi makanan yang masih sama, tapi tidak terserang sinar. Beberapa periset temukan jika tikus yang dikasih makanan tomat mempunyai kejadian tumor lebih sedikit. Ini memperlihatkan jika tomat bisa menghambat perubahan kanker kulit pada manusia. Tetapi, riset selanjutnya dibutuhkan untuk pahami adakah dampak antikanker saat likopen dibalurkan di kulit manusia. 

Simak juga: 7 Langkah Menangani Kulit Tangan Kering Efek Saksikan Photo Contoh tomat(shutterstock) Alergi Mencuplik Verywell Bugar, bila mempunyai alergi pada serbuk sari rumput, kamu mungkin alami alergi oral sesudah makan tomat. Tanda-tanda mungkin termasuk: Gatal pada mulut, telinga, atau kerongkongan Bengkak pada bibir, mulut, lidah, dan kerongkongan. Disarankan bicara sama dokter bila alami tanda-tanda itu. Meningkatkan asam lambung Mencuplik Verywell Bugar, tomat dengan alami memiliki sifat asam. Bila menanggung derita GERD, kamu mungkin perlu batasi konsumsi tomat dan produk tomat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

10 Khasiat Tomat untuk Kesehatan Kulit

Tomat ialah buah kecil banyak mengandung nutrisi yang banyak memiliki faedah untuk beragam permasalahan kulit, dari mengusung sel-sel kulit ...